Thursday, January 26, 2017

Ramuan Nabati dari Bawang Putih


Yang dimaksud dengan ramuan nabati adalah ramuan yang bahan baku utamanya berasal dari tumbuh-tumbuhan. karena terbuat dari bahan alami maka akan mudah terurai, aman bagi manusia dan ternak serta tidak mencemari lingkungan sebagaimana pestisida berbahan kimia yang banyak beredar di pasaran.
ramuan nabati bersifat pukul lari artinya apaabila disemprotkan ke tanaman akan langsung saat itu juga membunuh hama sasaran dan selanjutnya residu akan cepat hilang di alam. pembuatannya relatif mudah dengan teknologi sederhana dan bisa dikerjakan di rumah
disamping bayak keunggulannya, ramuan nabati juga memiliki beberapa kelemahan antara lain daya kerjanya relatif lambat, kadang harus diaplikasikan berulang-ulang, tidak tahan disimpan lama, tidak tahan terhadap paparan sinar matahari dan kurang praktis.
begitu banyak tumbuhan yang bisa digunakan sebagai bahan baku pembuatan ramuan nabati seperti daun/batang tembakau, daun kucai, daun mint, cabai merah, daun kemangi, daun pepaya, daun tomat serta daun/cabang tembelekan. sebaiknya bahan baku dipilih yang mudah diperoleh di sekitar kita.
selamaa ini banyak petani yang meramu sendiri ramuan dengan bahan baku utama bawang putih dan daun sirsak karena kedua bahan alami tersebut mudah didapatkan. cairan pembasmi serangga (insektisida) dari bawang putih proses pembuatannya juga tidak sulit.
Tahapan pembuatan insektisida dari bawang putih secara garis besarnya sebagai berikut:
  1. Sebanyak dua bungkul (20 siung) bawang putih dikupas dan ditumbuk sampai halus lalu dicampur dengan 5 liter air.
  2. Ramuan dicampur dengan 2 sendok teh minyak tanah dan 2 sendok deterjen atau sabun colek kemudian di aduk rata.
  3. Larutan tersebut kemudian disaring menggunakan kain halus dan dimasukkan ke dalam botol tertutup untuk penyimpanan agak lama. penyimpanan di tempat yang teduh dan terhindar dari terik matahari. usahakan penyimpanan tdak terlalu lama agar khasiatnya tetap terjaga.
untuk pengaplikasiannya campurkan sebanyak 3 sendok teh larutan insektisida yang sudah disaring dengan 1 liter air bersih. kemudian cairan tersebut disemprotkan pada tanaman terutama yang terserang hama.


SELAMAT MENCOBA

No comments:

Post a Comment