Monday, January 23, 2017

Keindahan Alam Danau Kembar

Simpang Tanjung Nan IV: Kecamatan Danau Kembar merupakan salah satu dari 14 Kecamatan yang ada di Kabupaten Solok. Kecamatan Danau Kembar adalah hasil dari pemekaran atau pemisahan dari Kecamatan Lembang Jaya.


Kecamatan Danau Kembar terdiri dari 2 Nagari yaitu Nagari Simpang Tanjung Nan IV dan Nagari Kampung Batu Dalam dengan 19 Jorong, berjarak sekitar 35 Km dari ibukota Kabupaten (Aro Suka) dengan waktu tempuh sekitar 30 menit dengan kendaraan roda 2 .  Terletak pada ketinggian  1.100-1.700 mdpl dengan batas wilayah senagai berikut :
·         Sebelah Utara berbatas dengan Kecamatan Lembang Jaya
·         Sebelah Selatan berbatas dengan Kecamatan Lembah Gumanti
·         Sebelah Barat berbatas dengan Kecamatan Gunung Talang
·         Sebelah timur berbatas dengan Kabupaten pesisir Selatan

Topografi wilayah Kecamatan Danau Kembar sebagian besar bergelombang, sedikit barbukit dan sedikit berbentuk dataran.  Memiliki 7 s/d 9 bulan basah dan 3-5 bulan kering dengan curah hujan rata-rata 2.150 mm per tahunnya, dengan jumlah penduduk lebih kurang 23.145 orang.
Kecamatan Danau Kembar merupakan daerah dataran tinggi yang memiliki udara yang sangat sejuk yang sangat cocok dikembangkan usaha sayuran dataran tingggi seperti kentang, pada umumnya masyarakt Kecamatan Danau Kembar memiliki mata pencaharian sebagai petani sekitat 80 % masyarakat bergerak dalam sektor pertanian. adapun komoditi sayuran yang diusahakan oleh masyarakat adalah bawang merah, kol, kentang, tomat, bawang putih dll.
Kecamatan Danau Kembar terkenal dengan ke indahan alamnya dimana disini terdapat beberapan destinasi wisata yang cukup terkenal diantaranya:
1. Danau Diatas
Danau Diatas terletak di Nagari Simpang Tanjung Nan IV yang ramai di kunjungi oleh wisatawan baik dalam maupun dari luar nagari.


2. Danau Dibawah
Danau Dibawah terletak di Nagari Kampung Batu Dalam, danau di bawah agak sulit untuk samapi kepinggirnya karena letaknya yang cukup curam sehingga menyulitkan untuk sampai ke pinggirnya.
foto Danau Dibawah di ambil dari Air Tawar Kampung Batu Dalam
                                  foto Danau Dibawah di ambil dari lembang calieh Kampung Batu Dalam

3. Danau Talang 
Danau talang terletak di kaki gunung talang di kenagarian Kampung Batu Dalam.

4. Puncak Cambai
Puncak Cambai merupakan destinasi wisata yang baru dikembangkan di Kecamatan Danau Kembar yang terletak di bukit cambai Nagari Simpang Tanjung Nan IV. dari puncak cambai akan terlihat dengan jelas 4 buah gunung yaitu Gunung Talang, Gunung Merapi, Gunung Singgalang dan Gunung Kerinci serta akan terlihat 4 buah danau yaitu Danau Diatas, Danau Dibawah, Danau Talang dan Danau Air Tambau serta Danau Kaciek. yang terkenal dengan wisata 4 Gunung dan 4 Danau yang diresmikan oleh Gubernur Sumatera Barat bersama Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Solok.
  Bagi yang ingin berkunjung ke Kecamatan Danau Kembar sangat mudah karena sarana transportasi cukup lancar dan sangat mudah untuk mencari lokasi yang di inginkan, sebelum sampai ke Kecamatan Danau Kembar pengunjung akan melihat hamparan kebun teh Milik PTPN 6 yang terbentang di sepanjang jalan seperti di kawasan puncak.
 

No comments:

Post a Comment